loading...

Sunday, April 1, 2018

CARA MUDAH MEMPERBAIKI AKI KERING YANG MATI ATAU TEKOR

di sini saya akan mengulas berbagai pengalaman tentang cara memperbaiki aki kering yang mati,hampir semua motor memerlukan aki jadi sangat menguntungkan jika kita dapat memperbaiki aki sendiri sehinga dapat menghemat anggaran belanja kita,karena harga aki sekarang sangatlah mahal apalagi jenis aki kering lebih mahal di banding aki basah
sebelum mengulas cara memperbaiki kita bahas dulu penyebab aki mudah rusak
1, kurangnya pemanasan,sebaik nyadisaat pagi hari sebelum meyalakan statermotor sebaik nya kita panasi dulu motor dengan mengunakan kik stater ,ini berfungsi agar pengisian dalam aki dapat terisi dengan cepat karena aki yang semalam tidak digunakan tegangan dalam aki dapat berkurang
2, regulator pengisian rusak, tanda tanda regulator rusak biasanya saat aki masih baru di pakai atau ganti baru selang sekitar 2-3 hari aki sudah tidak dapat di gunakan lagi,ini janagan langsug dikira aki nya rusak coba cek arus yang masuk kedalam aki apakah masuk atau tidak bisa di cek mengunakan avo meter,

aki kering
di sebut juga aki MF battery(maintenance free)jenis aki ini tergolong sangat mudah dan bebas perawatan karena tidak perlu pengisian air accu  maupun zuur secara wajib dan berkala,selain itu penempatan yang sangat mudah bisa kita letakkan sesuai dengan yang kita inginkan bagi pengemar modifikasi motor,
kelebihan aki kering karena mempunyai performa yang lebih tingi karena mengunakan sparator khusus dan grid yang tahan terhadap korosi,dengan harga yang lebih mahal di banding dengan aki basah,makaya akan sangat menguntungkan jika kita dapat memperbaiki aki kering yang rusak,

sebelum memulai praktek cara memperbaiki akai kering yang rusak sebaik nya kita siapkan dahulu peralatan yang di butuhkan

*air aki (zuur)air ini beda dengan air aki untuk menambah,ini kusus di gunakan untuk aki baru pastikan anda tidak salah membeli
*siapkan obeng - yang kecil atau rucut ini di gunakan sebagai pembuka tutup cover atas yang di pres pada aki kering
*suntikan tinta atau jarum suntik ini berfungsi sebagai pengisi air aki kedalam box aki
*siapkan kain lap untuk menjaga tetesan air (zuu)karena sangat keras dan membahayakan jika terkena kulit atau mata karena dapat membutakan

berikut tahapan memperbaiki aki kering
# pertama,siapkan aki kering yang akan di perbaiki usahakan bersihkan dari debu dan kotoran mengunakan air hangat agar lebih mudah di bersihkan

# kedua,membuka bagian atas tutup aki dengan obeng -secara paksa namun harus hati hati karena tutup ini sangat keras yang sudah di pres oleh pabrikan,dan jangan sampai pecah yang menyebabkan kebocoran,

#ketiga,setelah terbuka maka anda akan menemukan tutup kecil dari karet yang menempel pada lubang pengisi air aki,lepaskan tutup karet yang menempel

#keempat,siapkan air zur pada suntikan kemudian masukkan air zuur dengan suntikan secara berlahan hati hati dalam mengisi jangan sampai terllau penuh batas maksimal 1 cm dari tutup atas

#kelima,tutup kembali lubang dengan rapat pastikan tidak terjadi kebocoran atau merembes kita bisa gunakan lem tembak atau lem besi agar rapat dan kencang

# ke enam setelah semua tertata rapi dan bersih kita bisa melakukan charger atau pengecasan,untuk mengecas aki kering jangan terllau lama karena dapat merusak sel pada aki,lama pengecasan kurang lebih 1-2 jam atau periksa jika aki sudah terasa panas maka hentikanlah pengecasan,

Untuk aki yang tekor atau kehabisan setrum,
dari banyak pengalaman bayak orang yang terlanjur menganti aki padahal aki yang lama kondisinya masih layak hanya kehabisan setrum,ini biasanya aki tiba tiba mati karena lupa meng of kan kontak untuk motor metik motor honda posisi berhenti langsung standart samping sehingga motor langsung mati lupa deh mematikan kontak hinga aki tekor,cara  mengatasinya cukup di charger atau di cas biar batry terisi penuh kemudian pasang kembali di jamin dobelstater langsung jreng  
  
umur aki yang sudah di perbaiki tergantung kondisi sel yang ada didalam aki jika kondisi nya masih baik dapat ber umur atau tahan sekitar 1-2 tahun.

sekian tips singkat dari saya semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca, terimakasih

No comments:

Post a Comment

Baca juga :

Deteksi Yamaha Mio J tidak bisa nyala