loading...

Thursday, April 5, 2018

Service Berkala Sepeda Motor

Service berkala sepeda motor merupakan kegiatan pengecekan seluruh komponen kendaraan bermotor dari panel speedometer, kelistrikan, pengapian mesin, pembersihan komponen karburator, pembersihan busi sampai kaki - kaki sepeda motor. Kegiatan ini biasanya dilakukan sebulan sekali atau saat kendaraan dirasa sudah tidak nyaman dikendarai. Kegiatan ini bisa dilakukan di bengkel resmi, bengkel biasa yang sudah anda percaya atau dilakukan sendiri dirumah.

Service Berkala Sepeda Motor Dirumah

Berikut ini adalah cara service berkala sepeda motor di rumah, bagi anda yang mempunyai perkakas dan peralatan yang cukup lengkap ataupun bisa meminjam dari tetangga yang mempunyai tools untuk service berkala sepeda motor.

Sumber : google.id

Periksa Kelistrikan

Pemeriksaan kelistrikan dimulai dari menghidupkan kendaraan dengan menekan tombol stater pada panel stang kanan anda. Jika motor hidup berarti akumulator masih bagus, tetapi jika tidak nyala berarti akumulator atau aki alias batre motor anda sudah soak. Lakukan pengisian ulang daya listrik atau ganti batre kendaraan anda.

Periksa Penerangan

Pemeriksaan penerangan dimulai dengan memeriksa lampu depan, lampu belakang, lampu sign, lampu speedometer, lampu rem, dan lampu indikator gear position. Periksa semua jika tidak ada masalah abaikan saja dan langsung ke langkah berikutnya. Jika ada masalah dengan penerangan bisa langsung diganti atau periksa kembali kabel - kabel yang menghubungkan ke lampu yang bermasalah tersebut.

Membuang Oli Bekas

Buka baut oli yang berada dibawah mesin dengan menggunakan kunci pas. Buang oli bekas dengan menempatkan nampan untuk wadah oli bekas tersebut. Gunakan kompresor atau alat penium yang lain bila semua oli bekas masih tersisa di bak oli. Biarkan baut bak oli terbuka selagi kita melakukan langkah berikutnya.

Buka Filter Udara Dan Karburator Dan Bersihkan

Bukalah Filter udara dan semua komponen karburator dengan kunci pas dan lakukan dengan hati - hati. Urai semua komponen karburator dan bersihkan semua komponennya dengan menggunakan koas dan diberi cucuran bensin supaya lebih gampang membersihkannya. Lap filter udara dengan kain bersih. Pasang kembali semua yang telah diurai dan dibersihkan dengan intake manifold.

Bersihkan Busi

Pembersihan busi dimulai dengan membuka busi dengan hati -  hati dan diusahakan ketika membuka busi keadaan mesin dingin supaya tidak terjadi keausan terhadap uril busi. Bersihkan elektroda busi dengan lap kering dan amplas bila perlu. Setel kerapatan busi supaya busi bekerja dengan baik saat pembakaran.

Stel Katup Masuk dan Katup Buang

Membuka tutup katup dengan kunci pas dan stel kerapatan katup masuk dan buang sesuai dengan buku manual kendaraan bermotor anda. Biasanya menggunakan kunci khusus untuk katup yang berbentuk L. Setelah selesai tutup kembali tutup katup dengan rapat supaya tidak terjadi kebocoran oli, bila perlu tambahkan sealer pada tutup katup.

Masukan Oli Baru

Setelah semua komponen mesin sudah dibersihkan saatnya anda memasukan oli baru melalui tutup atas oli yang biasanya terbuat dari plastik dengan parameter oli. Jangan lupa untuk menutup tutup oli bawah atau baut oli dengan kunci pas dengan hati - hati dan rapat.

Hidupkan Mesin dan Stel Langsam atau Idle

Setelah mesin hidup stel idle melalui baut yang ada pada karburator, setelah dirasa enak hangatkan saja mesin sambil melakukan langkah berikutnya.

Penyetelan Rantai

Setelah mesin, kini giliran chasis yang di periksa. Penyetelan rantai ini dimaksudkan agar rantai tidak terlalu kendor dan tidak terlalu kencang. Setelah itu lumasi rantai dengan oli khusus rantai supaya tidak mudah berkarat.

Penyetelan Rem

Penyetelan rem dilakukan dengan cara mengencangkan baut yang berada di tromol belakang, stel semau anda dan senyaman anda saat melakukan pengereman bersihkan debu yang ada di dalam tromol menggunakan kompresor. Untuk penyetelan rem depan kurang lebih sama bila rem depan tidak menggunakan rem hidrolik atau cakram. Bila menggunakan rem cakram stel dengan metode bleeding dengan mengocok handle rem dan membuka baut yang berada pada dekat panel rem cakram tersebut.

Mengisi Angin Ban

Pengisian angin ban bisa dilakukan menggunakan angin kompresor dengan tekanan angi sesuai kenyamanan anda sendiri saat berkendara.

Demikianlah artikel tentang service berkala sepeda motor dirumah sendiri. Ini merupakan pengalaman penulis dan semoga menjadi acuan pembaca semuanya. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Baca juga :

Deteksi Yamaha Mio J tidak bisa nyala